GIGI SUSU BERLUBANG APA PERLU DITAMBAL?




Gigi berlubang tidak hanya bisa terjadi pada orang dewasa, gigi susu pada anak-anak pun berisiko untuk berlubang. Namun mengingat gigi susu pada anak suatu saat akan tanggal dan digantikan dengan gigi tetap, perlukah gigi susu yang berlubang tersebut ditambal?

Gigi susu pertama biasanya tumbuh ketika anak berusia 6 bulan, kemudian akan terus bertambah hingga jumlahnya mencapai 20 buah di usia 3 tahun. Setelah itu, satu per satu gigi susu akan lepas dan digantikan oleh gigi tetap, saat anak berusia 6-12 tahun.

Gigi susu mempunyai peran yang penting bagi anak. Tidak hanya membantu proses mengunyah dan bicara, gigi susu turut berperan dalam proses tumbuh kembang anak, terutama untuk pertumbuhan gigi tetap nantinya.

Jika gigi susu anak berlubang dan sakit, anak juga biasanya jadi malas makan. Hal ini dapat mengganggu tumbuh kembang anak akibat kurangnya asupan nutrisi. Oleh karena itu, jangan mengabaikan gigi susu anak yang berlubang.

Gigi susu berlubang akan mengganggu fungsi gigi tersebut, yaitu dalam hal mengunyah makanan dan bicara. Gigi susu yang berlubang juga berisiko menimbulkan infeksi di rongga mulut yang bisa menimbulkan bahaya bila tidak diatasi. Tidak hanya itu, benih gigi tetap yang berada di bawahnya dapat rusak, sehingga pertumbuhan gigi tetap anak akan terganggu.

Hal-hal tersebut akan berdampak negatif pada kesehatan anak secara umum, serta mengganggu konsentrasi belajar, kenyamanan, serta penampilan anak. Oleh karena itu, tidak ada alasan bagi gigi susu yang berlubang untuk tidak ditambal, meskipun usia anak masih balita.











Komentar

Postingan populer dari blog ini