CARA MERAWAT GIGI AGAR SENYUM KITA INDAH UNTUK DILIHAT




1.    Menyikat gigi dengan benar

Selalu sikat gigi setidaknya dua kali sehari dan pastikan Anda menyikat gigi dengan benar. Jangan terlalu terburu-buru dalam membersihkan gigi, sikat gigi secara perlahan dan dengan pola melingkar untuk menghilangkan plak di gigi.


2.    Pilih sikat gigi yang sesuai

Faktor lain yang perlu diperhatikan saat menjaga kesehatan gigi dan mulut adalah pemilihan sikat gigi. Pilihlah sikat gigi dengan sikat yang lembut dan ganti sikat gigi jika terdapat bulu sikat yang bengkok. Bulu sikat yang bengkok atau tumpul dapat merusak gigi.


3.    Gunakan pasta gigi yang mengandung fluoride

Selain sikat gigi, Anda juga harus memilih kandungan pasta gigi yang benar. Ahli menyarankan untuk menggunakan pasta gigi yang mengandung fluoride yang mampu melindungi gigi dari kerusakan dengan membasmi bakteri dan melindungi gigi.


4.    Bersihkan bagian lidah

Lidah merupakan salah satu bagian dalam mulut yang sering tidak diperhatikan saat merawat kesehatan gigi dan mulut.


5.    Lakukan flossing

Tidak banyak orang yang menyadari pentingnya melakukan flossing atau pembersihan dengan benang gigi dalam menjaga kesehatan gigi dan mulutFlossing tidak hanya bertujuan untuk mengeluarkan sisa makanan yang tersangkut di gigi, tetapi juga untuk mengurangi plak dan peradangan di gigi. Sebaiknya lakukan flossing sebanyak sehari sekali.


6.    Jangan lupa menggosok gigi sebelum tidur 

Saat sedang lelah dan ngantuk, mudah untuk melupakan hal kecil seperti menyikat gigi. Namun, Anda tetap perlu menyikat gigi sebelum tidur untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut dengan  menghilangkan plak gigi dan bakteri yang ada dalam mulut seharian.


7.    Menggunakan obat kumur

Meskipun Anda tidak wajib menggunakan obat kumur, tetapi obat kumur dapat membantu mengurangi keasaman di mulut, memberikan mineral pada gigi, serta membantu membersihkan gusi dan bagian gigi yang sulit disikat.


8.    Konsumsi sayur dan buah

Mengonsumsi sayuran yang segar dan renyah dapat menstimulasi gigi dan gusi, serta menjaga kesehatan gigi dan mulut. Hal ini penting untuk diterapkan, khususnya untuk anak-anak.

9.    Minum air putih

Meminum air tidak hanya menghindarkan Anda dari dehidrasi, tetapi juga berguna menjaga kesehatan gigi dan mulut dengan membersihkan sisa makanan yang asam dan lengket dari mulut. Sebaiknya minumlah air sehabis makan.


10. Kurangi makanan yang asam dan bergula

Makanan yang mengandung asam dan gula dapat mengganggu kesehatan gigi dan mulut. Gula dapat menjadi asam di gigi yang mampu mengikis lapisan permukaan gigi dan menyebabkan lubang di gigi.


11.  Periksa gigi secara rutin

Hal yang lain sering diabaikan oleh orang” adalah pemeriksaan gigi dan mulut secara rutin. Dalam menjaga kesehatan gigi dan mulut kita harus memeriksakan gigi 6 bulan sekali.

 


Komentar

Postingan populer dari blog ini